-->

Gaya Rambut Keren Ini Ternyata Dilarang Rasulullah Karena.....

Gaya Rambut Keren Ini Ternyata Dilarang Dalam Islam Karena..... - Gaya rambut kekinian kini menjadi fenomenal di kalangan remaja khususnya laki-laki. Padahal gaya rambut yang aneh sendiri dalam Islam tidak diperbolehkan. Salah satu gaya rambut yang dilarang oleh Rasullulah adalah Gaya Rambut Qoza. Menurut hariandepok.com Qoza adalah Qoza’ adalah memotong rambut secara tidak rata sehingga sebagian dicukur habis (dibotaki), sebagian lainnya tidak dipotong atau dibiarkan panjang. Di zaman sekarang, banyak model qoza’ terutama dilakukan oleh anak muda. Umumnya qoza’ di masa kini membentuk motif tertentu baik seperti ukiran, suatu lambang, atau hanya garis saja.





Gaya Rambut Yang Dilarang Islam


Pada kaum lelaki sukakan trend ini yaitu trend mencukur sedikit dirambut tengah tren, hukum potongan rambut seperti ini adalah haram. Kebanyakkan trend ini dilakukan oleh pemain sepakbola dunia dan dikalangan artis , corak ini kebanyakkannya seperti corak abstract, ya memang nampak keren tetapi kita sebagai umat islam ini sangat dilarang.

Qoza’ ternyata telah dijumpai pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Saat itu, qoza’ biasanya dilakukan oleh orang-orang jahiliyah. Sedangkan bagi umat Islam, Rasulullah menegaskan bahwa qoza’ merupakan perbuatan yang dilarang.

Dari Nafi’ Maula Abdullah bahwa ia mendengar Ibnu Umar radhiyallahu anhuma mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari) Hadits lain melalui jalur Anas bin Malik juga menegaskan larangan yang sama.

Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari)
Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan qoza’ adalah :
Mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian lainnya (HR. Muslim)

Rasulullah juga pernah melihat qoza’ secara langsung lalu beliau melarangnya.Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah melihat anak yang dicukur sebagian rambutnya dan dibiarkan sebagian lainnya, maka beliau melarang hal itu dan bersabda: “Cukurlah seluruhnya atau biarkan seluruhnya” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i)Imam Nawawi menjelaskan bahwa para ulama telah sepakat bahwa qoza’ ini hukumnya makruh. Kecuali jika untuk keperluan tertentu seperti bekam atau pengobatan. Wallahu a’lam bish shawab.

Nah,kini anda sudah mengetahui Gaya Rambut Qoza yang dilarang oleh Rasulullah kan? Mohon sebarkan agar orang-orang mengetahuinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita. Terima kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gaya Rambut Keren Ini Ternyata Dilarang Rasulullah Karena....."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel